Minggu, 25 Juli 2010

Solusi Soal Menarik

5. Kani berbohong setiap hari senin, selasa, dan rabu, di hari lain dia selalu jujur
Kuna berbohong setiap hari kamis, jumat, dan sabtu. Di hari lain dia selalu jujur
Suatu hari mereka mengatakan hal yang sama
Saya kemarin bohong
Pertanyaannya : Hari apakah hari itu?

Jawab :
Kani Bohong : Senin, Selasa, Rabu
Kani jujur : Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu

Kuna Bohong : Kamis, Jumat, Sabtu
Kuna jujur : Minggu, Senin, Selasa, Rabu

Misal kejadian itu pada hari Minggu.
Memang hal itu bisa terjadi pada Kuna, karena Sabtu jadwal Kuna Bohong, sedangkan minggunya jujur. Akan tetapi hal ini tidak mungkin terjadi pada Kani, karena hari Sabtu Kani jujur.

Misal kejadian itu pada hari Senin.
Kani bisa saja mengatakan hal ini pada hari Senin, karena Senin jadwalnya bohong. Jika pada hari Senin dia mengatakan “Saya kemarin bohong”, ini arti sebenarnya pernyataan ini adalah saya kemarin jujur. Dan memang kenyataannya Kani jujur pada hari Minggu.
Namun, hal ini tidak mungkin terjadi pada Kani, karena baik Minggu maupun Senin Kani jujur.

Jadi, satu-satunya yang mungkin adalah pada hari Kamis. Kani memang bisa melakukan hal ini, karena memang Kamis adalah jadwal Kani jujur. Artinya jika pada hari Kamis Kani mengatakan “Saya kemarin bohong”, berarti pernyataan ini benar. Dan memang benar hari Rabu jadwalnya Kani Bohong. Pernyataan “Kemarin saya bohong” pada hari Kamis bisa saja terjadi pada Kuna, karena hari Kamis jadwalnya Kuna Bohong. Artinya jika pada hari kamis Kuna mengatakan “saya kemarin bohong” ini arti sebenarnya adalah “Saya kemarin jujur”, Dan memang benar, hari Rabu jadwalnya Kuna jujur.

Jadi, kesimpulannya adalah hari Kamis.

6. Seorang yang sangat miskin untuk keperluan mandinya mencari sabun mandi yang bekas (maksudnya yang sudah kecil). Setiap 5 sabun bekas dikumpulin dan dibuat menjadi 1 sabun utuh. Jika dia punya 25 sabun bekas, maka berapa sabun yang bisa dibuat?

Jawab :
Jika ada 25 sabun bekas, untuk sementara dia bisa membuat 5 sabun. Setelah 5 sabun tadi dipakai aka nada 5 sabun bekas yang kecil, sehingga total sabun yang bisa dibuat adalah 6.

Kembali ke soal

Tidak ada komentar:

Buku Terbaik

toko buku online

Income Dahsyat